Apa Itu Penyakit Kanker Payudara

Olahraga umum seperti berjalan, menari, berlari, bahkan aktifitas fisik setiap hari dapat mengecilkan resiko seorang wanita terjangkit penyakit kanker payudara, menurut sebuah penelitian yang di terbitkan secara online dalam jurnal Cancer. Jenis atau intensitas olahaga ini tidak menjadi masalah, asalkan hal itu secara rutin dilakukan. Namun peningkatan berat tubuh tampaknya membatalkan manfaat dari latihan keras ini buat kanker payudara.

Berapa banyak latihan / olahraga yang di perlukan buat mengurangi resiko penyakit kanker payudara?

Didalam studi ini melibatkan 3.000 wanita, latihan sebanyak 10 hingga 19 jam dalam seminggu ( sekitar dua jam sehari ) mempunyai manfaat paling besar. Wanita yang berolahraga ditemui terbanyak punya resiko kanker payudara sekitar 30% lebih kecil ketimbang dengan wanita yang tidak aktif secara fisik. Dalam laporan studi ini, iIntensitas latihan tidak masalah, contohnya jogging, dan berjalan juga menghasilkan manfaat yang sama.

Usia juga tidak menjadi masalah.

Aktivitas fisik dapat mengurangi resiko kanker payudara pada wanita muda selama masa reproduksi dan wanita yang lebih tua sesudah menopause. “Penelitian mengenai penurunan resiko kanker payudara buat wanita yang berolahraga terlebih sesudah menopause amat menggembirakan mengingat masa ini ialah usia onset buat kanker payudara,” kata penulis studi Lauren McCullough dari University of North Carolina Gillings School of Global Public Health dalam sebuah pernyataan.

Sekilas Tentang Kanker Payudara

Kanker PayudaraKanker Payudara  menjadi momok / ancaman bagi kebanyakan kaum wanita di dunia. Dari beberapa survei yang dilakukan hampir seluruh dunia, kasus kematian yang di akibatkan oleh penyakit ini amat besar sekaligus menduduki urutan kedua dalam jenis kanker pembunuh khususnya bagi wanita. Penyakit kanker payudara di akibatkan sebab adanya pertumbuhan sel kanker yang menerjang jaringan payudara dan sekitarnya. Kanker ini banyak di idap oleh kaum wanita, tapi tidak menutup kemungkinan juga di alami oleh pria dengan kadar hormon tertentu. Jadi, amat penting bagi wanita ataupun pria buat menurunkan resiko terjangkit penyakit ini dengan menerapkan pola hidup sehat mulai sekarang ini.

Penyakit kanker payudara ini punya 4 tingkat stadium yang sama seperti kanker pada umumnya. Keberhasilan pengobatan penyakit kanker payudara bergantung pula pada keadaan ketika kanker terdeteksi atau tahapan stadiumnya. Dengan kata lain, semakin awal kanker terdiagnosa maka semakin tinggi pula harapan kesembuhan buat pengidapnya. Pemeriksaan penyakit kanker payudara bisa dilakukan dengan bantuan tenaga medis atau melakukannya sendiri di rumah. Pemeriksaan payudara secara pribadi dikenal dengan sebutan SADARI ( Periksa Payudara Sendiri ). Cara pemeriksaan tersebut bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Angkat salah satu tangan ke atas kepala
  • Sentuhlah bagian payudara sambil menekannya dengan perlahan menggunakan bagian permukaan jari tangan yang rata
  • Periksa apakah ditemui adanya benjolan yang tidak wajar dan rasa nyeri ketika benjolan ditekan
  • Menekan puting secara perlahan dan lembut kemudian perhatikan apakah ada cairan abnormal yang keluar atau tidaknya dari puting
  • Periksa lagi bagian sekitar ketiak
  • Lakukan hal yang sama pada satu bagian payudara yang lain

Lihat penting tentang Obat Alami Kanker Payudara Stadium 4 Tanpa Operasi

Dengan melakukan pemeriksaan sendiri di harapkan kaum wanita atau pria bisa tanggap dengan cepat buat cepat memeriksakan diri jika ditemui adanya kelainan pada payudara mereka. Hal ini akan berpengaruh positif buat harapan hidup bila betul terindikasi kanker payudara pada tubuhnya.

Sumber: www.cancer.org

Posted on: March 15, 2018, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *