Efek Negatif Kurang Minum

Tentu Anda tahu dari pelajaran biologi di sekolah bahwa 70% tubuh manusia terdiri dari air sehingga kita tidak mungkin lepas dari satu benda ini. Manusia dapat bertahan hidup selama 7 hari tanpa makan tapi minum air putih, tetapi 2 hari tanpa minum air saja dapat berakibat buruk pada kondisi kesehatan seseorang, oleh karena itu kali ini akan dibahas tentang efek negatif kurang minum air bagi tubuh kita.

Di era yang semakin moderen ini aktivitas tinggi manusia semakin mempengaruhi gaya hidup dan pola makan kita sehari hari, malah terkadang kita menyepelekan  hal ini dengan makan tidak teratur dan kurang minum air putih merupakan penyebab utama terjadinya banyak penyakit yang menyerang.

Efek Negatif Kurang Minum

Kunci untuk menjaga kesehatan tubuh sangat mudah dilakukan yaitu dengan selalu terhidrasi dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Kekurangan cairan (dehidrasi) sangat buruk akibatnya bagi tubuh seperti lesu, lemas, dan pusing, dampak ini dapat terus berkembang menjadi buruk apabila tidak mengubah kebiasaan hidup yang tidak sehat ini.

Organ yang paling cepat merasakan dari efek dehidrasi ini ialah ginjal yang bertugas untuk menghasilkan urine dengan bantuan air untuk membuang racun dan zat sisa dari aliran darah, apabila kita tidak memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh maka ginjal akan bekerja semakin berat dan memicu terjadinya gagal ginjal yang mematikan bagi penderitanya.

Efek Negatif Kurang Minum Air Bagi Kesehatan Tubuh

Menurunnya Kemampuan Berkonsentrasi
Jika otak kita kurang cairan, maka konsentrasi pun akan terganggu. Jika sudah begitu, aktivitas kita pun dapat terganggu. Dampak dari kurangnya konsentrasi adalah kita jadi sering melamun dan lebih sulit untuk berpikir.

Membuat Kulit Menjadi Kusam
Jika kamu ingin memiliki kulit sehat nan cerah, sebenarnya kamu dapat memulainya dengan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah air putih. Dengan selalu mengonsumsi minimal 2 liter air putih per hari, kulitmu akan ototamis terlihat segar dan berseri alami.

Cepat Merasa Keletihan
Dampak awal ketika tubuh dehidrasi ialah mudah cepat merasa lelah, seperti yang dijelaskan diawal bahwa 70% tubuh kita terdiri dari air jadi tidak mengherankan ketika tubuh kita kekurangan air maka dampaknya ialah cepat merasa lelah dan pusing karenanya.

Mengalami Masalah Sistem Pencernaan
Salah satu fungsi air adalah untuk melarutkan dan membantu proses pencernaan kita. Nah, jadi jangan kaget jika kamu sering terserang sembelit karena kurang minum air putih.

Nyeri Saat Buang Air Kecil
Kurang minum air putih juga dapat menyebabkan ganggung pada kandung kemih, karena kandung kemih membutuhkan cairan yang cukup agar dapat melakukan pembuangan secara maksimal. Gangguan ini akan menimbulkan rasa sakit saat kita akan buang air kecil.

Mengalami Peradangan Persendian
Air dapat melumasi sendi-sendi yang terdapat dalam tubuh kita. Jika kita kurang minum air putih, maka sendi-sendi itu akan menjadi kaku. Hal inilah yang dapat mengakibatkan radang sendi.

Tekanan Darah Meningkat
Kurang minum air putih dapat mengakibatkan pembuluh kapiler yang ada di tubuh menjadi tersumbat. Jika sudah begitu, aktivitas jantung akan terganggu. Jantung harus lebih keras memompa darah dan menyebabkan tekanan darah kita menjadi lebih tinggi.

Berat Badan Meningkat
Seperti yang telah diketahui, air dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan. Makan dengan porsi banyak tanpa diikuti dengan asupan air putih yang cukup akan menyebabkan metabolisme tubuh kita menjadi terganggu. Kurang minum air putih juga dapat membuat kita merasa lapar. Hal inilah yang dikatakan lapar semu, karena sebenarnya yang dibutuhkan tubuh kita adalah air, bukan makanan.

Itulah beberapa efek negatif kurang minum air putih, mulai sekarang selalu cukupi kebutuhan air harian tubuhmu, minumlah setidaknya 2 liter air per hari agar tubuh kita selalu sehat dan segar. Jangan sampai terlambat dan akhirnya harus mengalami masalah kesehatan, bukankah mencegah itu jauh lebih mudah dan murah daripada mengobati?

Posted on: January 18, 2018, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *