Info Bidang Kesehatan

8 Khasiat Daun Pepaya Yang Jarang Diketahui

Khasiat daun pepaya
Daun Pepaya

Membahas tentang buah pepaya, selain buahnya yang berkhasiat. Batang, akar, serta daunnya juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Kali ini kita akan membahas khasiat daunnya. Daun pepaya terpopuler dengan rasa pahitnya, akan tetapi daun ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai khasiat daun pepaya untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut :

  1. Memperlancar Air Susu Ibu (ASI)

Daun pepaya muda yang diremas dan ditempatkan di atas api sampai layu, selanjutnya dioleskan di area payudara tanpa mengenai putingnya dengan kondisi hangat, diyakini bisa mendukung mempercepat ASI menjadi lancar.

  1. Mengobati Jerawat

Daun pepaya dapat dijadikan sebagai masker untuk jerawat. Masker bisa diolah dengan menggunakan daun pepaya yang sudah tua sebanyak dua hingga tiga lembar, selanjutnya dijemur hingga kering dan dihancurkan samapi halus. Tambahkan dengan air bersih sebanyak 30cc. Bukan hanya daunnya saja yang bisa diolah menjadi masker, getah pepaya juga bisa dipakai untuk menyembuhkan jerawat, dengan membalurkannya di jerawat dan dilakukan secara teratur hingga jerawat menghilang.

  1. Membuat Pencernaan Menjadi Lancar

Daun pepaya memiliki kandungan senyawa karpain yang bisa mendukung dalam menyingkirkan mikroorganisme yang merusak kinerja pencernaan.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Daun pepaya yang masih dalam keadaan baik ditambahkan dengan air hangat sebesar 200 cc dan sedikit garam, selanjutnya dihancurkan hingga halus dengan memakain blender. Selanjutnya, saring dan di tambahkan dengan dua sendok makan madu dan diaduk secara merata dan bisa dikonsumsi dalam meningkatkan nafsu makan.

  1. Menurunkan Nyeri Menstruasi

Para perempuan dari dulu menggunakan daun pepaya dalam masalah tersebut. Jus daun pepaya sangat ampuh dalam menurunkan nyeri menstruasi. Cukup menggunakan satu lembar daun pepaya, campurkan garam dan asam jawa lalu tambahkan dengan satu gelas air dan rebuslah. Konsumsilah ramuan obat ini ketika menstruasi.

  1. Bersifat Anti Kanker

Meskipun belum jelas, sejumlah studi menunjukkan kalau daun pepaya bisa dijadikan sebagai anti kanker. Daun ini dikenal mempunyai getah putih yang bisa dijadikan untuk anti kanker.

  1. Menambah Kekebalan Tubuh

Khasiat selanjutnya dari jus daun pepaya yaitu keefektifannya dalam memerangi infeksi virus misalnya virus flu ringan. Daun pepaya dengan cara alami menerapkan regenarasi trombosit dan sel darah putih. Daun pepaya memiliki 50 kandungan lebih termasuk vitamin E, vitamin C, dan vitamin A yang membantu sistem imun tubuh.

  1. Mendukung Penyakit Pembengkakan Prostat

Daun pepaya bisa mendukung Anda yang menderita gangguan pembengkakan protat jinak, bukan itu saja daun ini pun bisa membantu menurunkan segala gangguan terkait dengan pembengkakan prostat seperti gangguan lesi anus.

Demikianlah sejumlah khasiat daun pepaya yang terbukti dapat diolah menjadi obat pencegah penyakit dan pastinya bisa menghasilkan khasiat untuk kesehatan tubuh. Apabila ingin mendapatkan khasiatnya secara keseluruhan, maka gunakan daun pepaya menjadi salah satu daftar makanan Anda setiap hari.

Sumber : www.health.com

 

 

 

Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh – Buah nanas kemungkinan tidak terkenal seperti buah buahan lainnya seperti pisang, jeruk dan apel. Tetapi, nanas pun mempunyai khasiat kesehatan yang hampir sama dengan buah buahan lainnya. Biasanya, buah ini dapat dijadikan sebagai jus atau selai nanas yang dapat dicampurkan dengan roti atau menu sarapan.

Khasiat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Untuk memperoleh khasiat secara maksimal, Anda juga dapat mengkonsumsi nanas dengan cara memakannya langsung dalam kondisi segar layaknya seperti buah buahan lainnya. Ada sejumlah khasiat buah nanas untuk kesehatan tubuh, yaitu :

  1. Menghindari Kembung

Buah nanas mengandung bromelain, zat yang dapat membantu membagi makanan sehingga bisa menurunkan kembung di perut. Bukan hanya itu saja, zat ini pun dianggap ampuh untuk menurunkan infeksi pasca operasi, mendukung pebengkakan hudyng dampat dari peradangan sinusitis dan menurunkan rasa sakit dapak osteoarthritis.

  1. Menghindari Kanker

Di dalam buah nanas mengandung karsinegenik yang dikenal ampuh untuk menurunkan resiko kanker. zat ini berfungsi untuk menjaga sel-sel sehat untuk tubuh dari gangguan. Meningkatknya sel-sel yang hancur di dalam tubuh dapat menimbulkan penuaan dini dan merangsang timbulnya segala jenis penyakit.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah nanas memiliki kandungan mineral yang penting seperti mangan dan kalsium yang bisa mendukung melindungi kesehatan tulang serta memperkuat jaringan ikat. Kandungan mangan pun berfungsi untuk karbohidrat dan metabolisme lemak, mengontrol gula darah, dan mendukung penghisapan kalsium. Bukan itu saja, mangan berfungsi penting dalam melindungi kinerja otak dan saraf.

  1. Menghindari Pembekuan Darah

Buah yang menyegarkan dan memiliki rasa asam manis ini pun dapat menghindari pembekuan darah. Bukan itu saja, buah ini mempunyai fungsi untuk pembentukan hemoglobin ddalam tubuh. Buah nanas memiliki kandungan tembaga, jika tubuh kekurangan kandungan tersebut mungkin saja dapat menimbulkan penaykit anemian, osteoporosis, gangguan tiroid dan pengurangan kadar sel darah putih.

  1. Mencegah Radikal Bebas

Kandungan akan kayak vitamin  C yang terdapat di dalm buah nanas yang berfungsi penting untukmendukung menjaga tubuh dari gangguan dampak radikal bebas. Buakan itu saja, vitamin C bisa mendukung menurunkan resiko kanker usus besar, atheroclerosis dan menurunkan infeksi terhadap penyakit sendi.

  1. Memperkuat Tulang, Gusi dan Gigi

Di dalam buah nanas mengandung mineral yang berfungsi untuk memperkuat tulang. Selain itu nutrisi juga memiliki fungsi untuk memperkuat gusi dan gigi serat melindunginya agar selalu sehat.

  1. Menambah Daya Penglihatan

Serupa dengan wortel, buah nanas juga mempunyai kandungan betakaroten yang berfungsi untuk menambah daya penglihatan.

  1. Efek Kenyang

Buah nanas memiliki kandungan mokronutrien dan serat yang bisa menawarkan efek rasa kenyang dalam waktu yang lama. Jadi secara tidak langsung, buah ini bisa mendukung menurunkan dan mengontrol berat badan.

Lihat juga artikel lain tentang Makanan Bergizi Bagi Penderita Kanker Paru Paru.

Demikian sejumlah khasiat buah nanas untuk kesehatan tubuh yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsinya secara rutin. Jika para pembaca memiliki penyakit penyakit tertentu seperti mempunyai penyakit diabetes atau alergi, lebih baik bertanya pada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi buah nanas.

13 Makanan Bergizi Bagi Penderita Kanker Paru Paru

makanan-sehat-untuk-penderita-kanker-paru-paruParu – paru adalah organ tubuh kita yang berfungsi sebagai alat pernapasan di dalam tubuh, paru-paru memiliki fungsi yang sangat penting bagi kita maka dari itu kita harus merawatnya supaya paru paru berfungsi dengan maksimal. Dan cara melakukannya yaitu harus menerapkan pola gaya hidup dan pola makan yang sehat, dengan cara menerapkan pola gaya hidup yang sehat adalah menghindari asap rokok dan juga menghindari udara yang tidak sehat seperti udara yang berpolusi. Untuk sementara waktu, untuk menjaga pola makan yang sehat seperti mengkonsumsi makanan bergizi yang bermanfaat. Berikut ini adalah 13 daftar makanan dan minuman bergizi yang mampu menyehatkan paru-paru :

  1. Air putih – air adalah kebutuhan yang paling penting dan memiliki manfaat yang besar bagi tubuh karna dapat menyehatkan tubuh dari serangan penyakit maka itu air putih bisa membantu paru-paru bekerja agar lebih meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh kita.
  2. Sayur sayuran seperti brokoli dan buncis – Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat terutama sayuran merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga paru-paru dari berbagai macam penyakit. Jadi, sangat bermanfaat untuk mengkonsumsi berbagai macam sayuran itu setiap hari.
  3. Jenis makanan yang mengandung folat – didalam tubuh, folat awal mulanya yang berasal dari makanan seperti bayam, asparagus, kacang, jeruk, dan alpukat diubah menjadi asam folat. Makanan itu juga secara bertahap dapat melindungi paru-paru dari penyakit kanker.
  4. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 –Asam lemak mempunyai manfaat yang sangat penting bagi tubuh,makanan yang mengandung asam lemak mempunyai efek yang sangat penting bagi penderita penyakit asama. Dan ada beberapa macam makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan tuna, salmon, trout, kacang-kacangan serta biji-bijian.
  5. Buah dan sayur – ada beberapa buah & sayur yang memiliki kandungan karotinoid seperti blewah, ceri, mangga, semangka, markisa, pisang, pepaya, bayam, labu, wortel, ubi jalar, dan lobak. Karena khasiatnya, karotenoid hingga dipakai untuk di jadikan antioksidan supaya untuk mengurangi resiko kanker paru-paru.
  6. Berry – merupakan buah yang kaya akan antioksidan mempunyai banyak sekali kandungan seperti kandungan flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang mampu menghilangkan karsinogen dari paru-paru, madapun jenis buah berry yang dapat di konsumsi seperti buah raspberry, blueberry, acai berry serta blackberry.
  7. Apel – merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk paru-paru, sebab, selain mudah di peroleh, harganya pun cukup terjangkau.
  8. Jahe – dengan cara menambahkan jahe kedalam masakan atau dikonsumsi dan dijadikan sebuah minuman hangat akan memiliki efek yang sangat baik untuk paru-paru.
  9. Delima – apabila mengkonsumsi buah delima yang sangat baik untuk mengobati masalah kesehatan dan bagi penderita penyakit kanker paru-paru, karena buah delima ini sangat bermanfaat untuk dapat meningkatkan suplai darah dan menghancurkan zat zat yang beracun dari paru-paru.
  10. Makanan yang mengandung vitamin C, adalah salah satu nutrisi yang sangat penting terutama bagi kesehatan paru-paru. Ada beberapa macam buah yang di dalamnya mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, anggur, strabwerry, dan mangga.
  11. Bawang putih – adalah tanaman jenis rempah-rempah yang memiliki zat yang di sebut allicin yang mampu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru.
  12. Kunyit – adalah jenis rempah-rempah juga dapat meringankan peradangan terhadap paru-paru. Dan di dalamnya terdapat zat curcumin yang dapat menghilangkan zat penyebab penyakit kanker paru-paru.
  13. Makanan yang mengandung magnesium – magnesium merupakan salah satu mineral terbaik yang bisa menyembuhkan asma. Ada beberapa macam makanan yang mengandung magnesium diantaranya adalah jenis kacang – kacangan, ikan, alpukat, pisang dan buah-buahan kering.

Untuk menjaga paru-paru yang sehat, maka cukupilah keperluan zat dan mineral yg dibutuhkan oleh paru-paru dengan cara makan makanan yang sehat seperti yang dijabarkan diatas. Oleh karena itu maka jagalah makanan yang anda konsumsi sehari-hari untuk mencegah segala penyakit terutama untuk penyakit paru-paru. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan memberikan manfaat bagi pengidap penyakit kanker paru-paru.

Source : www.medicalnewstoday.com