8 Khasiat Daun Pepaya Yang Jarang Diketahui

Khasiat daun pepaya
Daun Pepaya

Membahas tentang buah pepaya, selain buahnya yang berkhasiat. Batang, akar, serta daunnya juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Kali ini kita akan membahas khasiat daunnya. Daun pepaya terpopuler dengan rasa pahitnya, akan tetapi daun ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai khasiat daun pepaya untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut :

  1. Memperlancar Air Susu Ibu (ASI)

Daun pepaya muda yang diremas dan ditempatkan di atas api sampai layu, selanjutnya dioleskan di area payudara tanpa mengenai putingnya dengan kondisi hangat, diyakini bisa mendukung mempercepat ASI menjadi lancar.

  1. Mengobati Jerawat

Daun pepaya dapat dijadikan sebagai masker untuk jerawat. Masker bisa diolah dengan menggunakan daun pepaya yang sudah tua sebanyak dua hingga tiga lembar, selanjutnya dijemur hingga kering dan dihancurkan samapi halus. Tambahkan dengan air bersih sebanyak 30cc. Bukan hanya daunnya saja yang bisa diolah menjadi masker, getah pepaya juga bisa dipakai untuk menyembuhkan jerawat, dengan membalurkannya di jerawat dan dilakukan secara teratur hingga jerawat menghilang.

  1. Membuat Pencernaan Menjadi Lancar

Daun pepaya memiliki kandungan senyawa karpain yang bisa mendukung dalam menyingkirkan mikroorganisme yang merusak kinerja pencernaan.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Daun pepaya yang masih dalam keadaan baik ditambahkan dengan air hangat sebesar 200 cc dan sedikit garam, selanjutnya dihancurkan hingga halus dengan memakain blender. Selanjutnya, saring dan di tambahkan dengan dua sendok makan madu dan diaduk secara merata dan bisa dikonsumsi dalam meningkatkan nafsu makan.

  1. Menurunkan Nyeri Menstruasi

Para perempuan dari dulu menggunakan daun pepaya dalam masalah tersebut. Jus daun pepaya sangat ampuh dalam menurunkan nyeri menstruasi. Cukup menggunakan satu lembar daun pepaya, campurkan garam dan asam jawa lalu tambahkan dengan satu gelas air dan rebuslah. Konsumsilah ramuan obat ini ketika menstruasi.

  1. Bersifat Anti Kanker

Meskipun belum jelas, sejumlah studi menunjukkan kalau daun pepaya bisa dijadikan sebagai anti kanker. Daun ini dikenal mempunyai getah putih yang bisa dijadikan untuk anti kanker.

  1. Menambah Kekebalan Tubuh

Khasiat selanjutnya dari jus daun pepaya yaitu keefektifannya dalam memerangi infeksi virus misalnya virus flu ringan. Daun pepaya dengan cara alami menerapkan regenarasi trombosit dan sel darah putih. Daun pepaya memiliki 50 kandungan lebih termasuk vitamin E, vitamin C, dan vitamin A yang membantu sistem imun tubuh.

  1. Mendukung Penyakit Pembengkakan Prostat

Daun pepaya bisa mendukung Anda yang menderita gangguan pembengkakan protat jinak, bukan itu saja daun ini pun bisa membantu menurunkan segala gangguan terkait dengan pembengkakan prostat seperti gangguan lesi anus.

Demikianlah sejumlah khasiat daun pepaya yang terbukti dapat diolah menjadi obat pencegah penyakit dan pastinya bisa menghasilkan khasiat untuk kesehatan tubuh. Apabila ingin mendapatkan khasiatnya secara keseluruhan, maka gunakan daun pepaya menjadi salah satu daftar makanan Anda setiap hari.

Sumber : www.health.com

 

 

 

Posted on: July 31, 2017, by : PALINNO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *